Susu Ibu Hamil yang Bagus: Rekomendasi Kandungan Gizi

Susu Ibu Hamil yang Bagus

Salah satu cara bumil melengkapi kebutuhan nutrisi ialah mengonsumsi susu ibu hamil yang bagus untuk kehamilan. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi yang cukup besar dapat terpenuhi dengan baik. Gangguan gizi pada ibu hamil dapat mengakibatkan kecacatan janin, lahir prematur, berat bedan lahir kurang (BBLR), serta kematian dalam kandungan (IUFD).

Susu sendiri menjadi kebutuhan bagi anak-anak dan orang dewasa di negara barat. Terutama susu sapi murni maupun produk olahan susu seperti susu bubuk, yogurt, dan keju. Nilai nutrisi yang terkandung dalam susu sangat baik terutama bagi ibu hamil. Pada saat sekarang telah banyak beredar produk susu pabrik yang bagus.

Bagi bumil dalam memilih jenis produk susu yang bagus untuk kehamilan harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Pilihlah konsentrasi yang tinggi protein, kalsium, fosfor, kalium, yodium, Vit B12, serta riboflavin. Adapun konsumsi susu selama masa kehamilan dapat menurunkan resiko terjadi alergi susu sapi pada anak.

Sebagai bumil cerdas perlu untuk memilih setiap susu jenis susu buat ibu hamil berdasarkan manfaat dan kualitas gizi. Selain itu juga ibu hamil wajib mengetahui kebutuhan gizi selama masa kehamilan.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Persiapkan status gizi ideal bagi perempuan yang ingin hamil. Sebaiknya dalam tiga bulan sebelum program hamil, bumil harus memiliki status gizi yang baik. Hal ini demi mencegah terjadinya gizi kurang pada ibu hamil terutama saat trimester pertama. Selanjutnya selalu perhatikan status gizi selama masa kehamilan sampai masa laktasi.

Adapun diet anjuran bagi ibu hamil sama seperti rekomendasi diet sehat perempuan normal. Namun terdapat beberapa jenis zat gizi yang harus bumil perhatikan yaitu protein, energi, asam folat, zat besi, vitamin A, C, D.

Rekomendasi Zat Gizi Anjuran Kebutuhan Gizi Untuk Ibu Hamil per hari sebagai berikut:
  • Energi (kkal) 1940 + 200 (trimester ketiga)
  • Asam Folat (ug) 200 + 400 (trimester pertama)
  • Protein (gr) 51 + 6
  • Vitamin C (mg) 40 + 10 (trimester ketiga)
  • Vitamin A (ug) 600 + 100
  • Zat Besi Bila Terbukti Anemia
  • Vitamin D (ug) Sinar matahari + 10

Sumber nutrisi yang baik ialah pada makanan ibu hamil konsumsi. Penambahan nutrisi dalam bentuk suplemen sangat rekomendasi pada zat gizi asam folat, vitamin D. Adapun tablet zat besi dapat bumil konsumsi bila terbukti menderita anemia.

Tidak ada rekomendasi untuk penambahan suplemen vitamin A bagi ibu hamil. Hal ini berkaitan dengan sifat teratogenik dari vitamin A dengan dosis tinggi. Teratogenik sendiri merupakan kelompok obat-obatan yang dapat mengalami kerusakan janin maupun kecacatan janin.

Selain asam folat atau zat besi, penambahan nutrisi yang sesuai kebutuhan biasanya tersaji dalam produk susu. Semua ibu hamil wajib mengikuti diet wanita sehat, konsumsi rutin susu, dan asam folat pada trimester pertama. Namun dalam beberapa kasus seperti gizi buruk dalam kehamilan, boleh menambahkan suplemen nutrisi. Tetapi penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Susu Rendah Lemak Sebagai Produk Susu yang Baik

Mengapa susu rendah lemak juga sebagai produk susu yang bagus untuk dikonsumsi. Kandungan lemak jenuh yang terkandung sangat sedikit, sehingga aman pada ibu hamil. Susu ini tidak menimbulkan bumil mengalami kegemukan maupun gizi lebih, jika konsumsi dalam batas normal.

Sebagian besar dari negara-negara nordik merekomendasikan susu rendah lemak untuk selama masa kehamilan. Tidak heran bila bayi yang lahir dari ibu rutin konsumsi susu rendah lemak memiliki berat badan lahir lebih tinggi dari pada populasi lain.

Terdapat manfaat postif minum susu rendah lemak bagi ibu hamil. Namun konsumsi susu ini harus rutin setiap hari mulai dari trimester pertama sampai trimester tiga. Manfaat positifnya ialah ukuran berat badan bayi lahir cenderung lebih baik dari yang tidak minum susu. Selain itu juga terdapat penambahan berat badan ideal selama hamil.

Susu Bubuk untuk Ibu Hamil

Susu bubuk untuk ibu hamil terdiri dari bahan dasar susu sapi, susu kambing, maupun susu soya. Jika ibu mengalami alergi terhadap salah satu bahan tersebut, maka bumil dapat memilih pilihan yang lain. Beragam variasi rasa juga ada pada jenis susu bubuk ini. Selain itu pilihan merek, harga, dan kualitas gizi yang terkandung juga bervariasi.

Yang perlu ibu hamil tahu, sebaiknya pilihlah susu dengan jumlah kandungan zat gizi tinggi. Terutama zat yang sesuai kebutuhan masa kehamilan, seperti protein, energi, asam folat, zat besi, vitamin, serta mineral. Cara memilih susu bubuk ialah melakukan perbandingan kandungan gizi susu bubuk dengan kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Kebutuhan gizi ibu hamil sendiri dapat bumil lihat dalam tabel diatas. Ibu hamil harus cerdas, jangan mau tergoda dengan pembawaan iklan dari produk susu bubuk. Bijaklah memilih agar nutrisi mencukupi kebutuhan janin.

Jadi begitulah ulasan tentang pilihan susu ibu hamil yang bagus. Adapun manfaat dari susu buat ibu hamil dapat mencegah terjadinya lahir prematur, berat bdan janin kurang (IUGR), kematian janin (IUFD), bayi alergi susu, serta janin kekurangan nutrisi. Jika ibu rutin minum susu selama kehamilan sampai masa menyusui memiliki tingkat kecerdasan otak dan tumbuh kembang bayi sangat baik.

Tinggalkan Balasan