Rekomendasi MPASI 12 Bulan dan Resep MPASI

rekomendasi mpasi 12 bulan

Samagz.com, terdapat rekomendasi MPASI 12 bulan. Pada usia ini bayi mulai aktif bermain sehingga mengeluarkan banyak energi. Biarkan bayi menjelajah demi meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan, namun ibu harus tahu makanan pendamping yang baik dan cocok untuk bayi berusia ini.

Pilihan mpasi yang tepat dapat membuat bayi terhindar dari kekurangan gizi. Sejatinya energi yang bayi keluarkan berimbang dengan energi yang masuk. Ibu harus jeli melihat kondisi bayi, ketika bayi aktif maka perlu tambahan energi dalam mpasi namun juga dengan sebaliknya. Bayi sangat rentan mengalami terjadi perubahan status gizi jika pola makan yang tidak seimbang. Agar terhindar dari gangguan status gizi alangkah baiknya ibu mengetahui rekomendasi mpasi yang tepat untuk si bayi.

Kebutuhan Energi dan Protein

Protein secara umum berfungsi sebagai struktural maupun fungsional dan berfungsi dalam proses pertumbuhan serta perkembangan. Protein sebagai sumber energi yang memiliki 4 kkal per gramnya. Terdapat 19% protein tubuh berasal dari daging dan 45% darinya tesusun dalam otot.

Pencernaan protein pada awalnya berlangsung dalam lambung dengan pengaktifan enzim pepsinogen menjadi pepsin oleh HCL (asam lambung). Pecahan protein dapat berupa asam amino, dipeptida, maupun tripeptida. Selanjutnya protein masuk ke dalam usus halus dan proses penyerapan melalui silia yang berada pada dinding sel usus halus.

Diet protein berasal dalam makanan bersumber hewani maupun nabati. Protein yang bersumber dari hewani terdapat dalam produk daging, telur, susu, ikan dan produk susu dari hewan. Sedangkan yang bersumber dalam nabati ialah semua jenis kacang-kacangan, gandum, serta beras merah. Jumlah kebutuhan protein pada bayi berusia 10-12 bulan ialah 14,9 gram perhari dengan berat badan 9,7 kg.

Bentuk Tekstur MPASI

Pada usia ini bayi bentuk tekstir mpasi yang dalam bentuk lebih keras dari pada mpasi usia 6-9 bulan. Dengan memeberikan jenis makanan yang sama pada bayi sama seperti mpasi sebelumnya seperti makanan berbahan dasar susu (keju, yoghurt), buah atau sayur, makanan sumber protein (daging, telur, kacang-kacangan, tempe, tahu) dan makanan karbohidrat (beras, kentang, alpukat, gandum, roti)

Rekomendasi bentuk tekstur yang pada bayi dengan usia 9-12 bulan ialah makanan halus dengan sendok sedikit lebih kasar. Pada pemberian jenis makanan keluarga pasti makanan tersaji pada bayi ialah yang sudah tercincang atau sudah teriris. Dapat memberikan buah dengan kulitnya, sedangkan sayur harus matang dengan api kecil atau mentah.

Pemberian dan Rekomendasi MPASI 12 Bulan

Perlu Ibu pintar ketahui terdapat porsi khusus, takaran serta frekunsi pemberian mpasi dalam sehari. Selain pemberian ASI atau susu formula yang sebagai makanan pokok, ikutilah rekomendasi baku dari ahli gizi untuk makanan pendamping ASI.

Bayi memerlukan mpasi sebanyak ½ sampai ¾ dari jumlah mangkok yang berkapasitas 250 ml dengan targetnya sekitar 200 kkal atau 30% kebutuhan kalori perhari telah terpenuhi.

Frekunsi pemberian buah atau sayur sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Makanan sumber protein seperti daging cincang, daging ayam, ikan, telur, tahu, serta buncis dapat sebanyak 2 kali perhari. Sedangkan makan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi harus 2-3 kali perhari seperti nasi, roti panggang, sereal, atau kue beras.

Resep MPASI untuk Bayi Umur 12 Bulan

Terdapat beragama resep makanan yang bisa ibu kreasikan dengan bahan makanan aman untuk bayi. Namun perlu ibu ketahui bahwa makanan ini harus tidak mengandung berbagai macam penambah rasa dan micin. Beberapa resep mpasi rekomendasi yang dapat ibu buat dengan mudah dirumah.

Resep mpasi “KETUBA” (kentang, tuna, saus bayam)
Bahan yang ibu perlukan :
  • 40 gram Kentang rebus atau sumber karbohidrat lain
  • 35 gram ikan tuna, sumber alternatif jenis ikan, ikan air tawar, buncis
  • 2 sdm bayam atau sayuran lain
  • 1 sdm mentega tawar
  • ½ sdm tepung maizena
  • 2 siu Bawang merah atau bombay
  • 100 ml Susu cair
Cara Membuat
  • Kukus ikan tuna sampai matang dan kemudian mencincang atau suwir secara halus.
  • Kupas lalu kukus kentang sampai matang kemudian haluskan dengan garpu
  • Pembuatan saus dengan menumis mentega kemudian tumis bawang sampai tercium bau harum, kemudian tambahkan susu cair dan tepung maizena sampai kental dan kemudian angkat.
  • Selanjutnya haluskan bayam atau sayuran lain kemudian dicampur aduk sampai merata.
Penyajian

Masukan ke 3 bahan utama tersebut dalam 1 tempat. Jangan ragu ibu dengan resep ini terdapat nutrisi makronutrien maupun nutrien sehingga bayi tercukupi gizinya. Sajikan resep ini dalam sehari hanya 2 kali, karena rekomendasi pemberian daging mkasimal 2 kali dalam sehari.

Resep mpasi Nasgor Sayur
Bahan yang ibu perlukan
  • 2 sampai 3 sdm mentega
  • 2 siu bawang merah sudah teriris sangat kecil
  • 1 sium bawang putih sudah diiris sangat kecil
  • ¼ tomat sudah dipotong dadu kecil
  • 1 butir telur
  • 150 gram nasi lembek
  • 2 sdm sayur sudah dipotong kecil
Cara membuat
  • Panaskan mentega, tumis semua bawang merah, bawang putih, sampai harum
  • Masukan telur, sayur dan tomat jangan lupa selalu aduk.
  • Telur dibuat orak arik dan pastikan sayuran serta tomat telah layu dan empuk
  • Kemudian masuk nasi aduk sampai rata dan terkahir angkat
Penyajian

Sajikan mpasi ini dalam wadah atau piring khusus bayi. Resep ini dapat ibu sajikan pada bayi saat pagi atau malam hari. Karena terkandung bahan sumber protein yaitu telur maka resep ini hanya dapat ibu gunakan maksimal 2 kali dalam sehari.

Jenis Makanan Dilarang pada Bayi

Dilarang sembarang pemberian jenis makanan pada bayi, karena dapat mengakibatkan timbul penyakit atau bermasalah kedepannya. Terdapat beberapa jenis makanan yang memiliki efek buruk pada bayi.

Jangan berikan telur mentah karena pada telur terdapat salmonella, kuman ini dapat menginfeksi bayi serta menimbulkan gejala sakit, demam, diare, mual, muntah, rewel, dan napsu makan turun akibat sakit. serta beberpa jenis ikan yang habitat umumnya pada dasar laut, karena berbaya karena memiliki kandungan merkuri yang tinggi, sedangkan ikan hidup pada perairan dangkal tidak. Merkuri sendiri dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf pusat.

hindari pemberian madu pada bayi karena dapat mengakibatkan botulisme. Selain itu pemberian jenis kacang-kacangan juga terbatas karena beresiko terjadi choking (tersedak). Dan pada jenis makanan kerang-kerangan harus teliti karena dapat mengakibatkan bayi keracunan.

melarang mencampur penyedap rasa dalam mpasi karena dapat merusak rasa asli dari bahan makanan. Pemberian garam sejak dini dapat meningkat resiko terjadinya kerusakan ginjal. Gula atau poemanis buatan cenderung meningkatkan bayi menyukai makanan manis ketika sudah besar. Makanan manis sendiri berbahaya bayi kesehatan dan gigi.

Nah begitulah informasi tentang rekomendasi mpasi 12 bulan. Pastikan sebelum memberi sumber makanan dalam bentuk harus bersih dan higenis. Pastikan tidak mencampur penambah rasa dalam mpasi bayi sampai usia 2 tahun. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan