Perkembangan Bayi 7 Bulan, Sudah Dapat Duduk dan Berkata

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Samagz.com, perubahan pada perkembangan bayi 7 bulan sejak dari lahir sangat signifikan. Pada usia ini bayi sudah mulai melakukan koordinasi kemampuan indera seperti pendengaran, penglihatan dan sentuhan. Kemampuan ini dapat membantu bayi belajar tentang arti dan makna setiap aktivitas yang si kecil lakukan.

Selain itu juga terdapat perkembangan motorik bayi 7 bulan yang semakin baik. Keseimbangan dan gerakan tubuh bagi ketika bergerak semakin tegas. Beberapa kemampuan motorik yang dapat bayi perlihatkan ketika menginjak usia 7 bulan ialah seperti menggengam, merangkak, berguling, serta duduk.

Untuk mencapai perkembangan optimal, bayi perlu menjelajah lingkungan sekitar. Seperti dalam bentuk bermain dan mencari arti dari setiap benda yang si kecil mainkan. Bagi ibu pintar selalu waspada dan memberikan stimulus pada bayi, sampai si kecil mandiri.

Aktivitas Bayi 7 Bulan

Dalam sehari-hari bayi 7 bulan pasti melakukan aktivitas yang hampir sama setiap harinya. Aktivitas umum tersebut seperti tidur, mpasi, dan minum ASI. Selain itu bayi juga perlu waktu untuk bermain.

Waktu Tidur Bayi

Usia bayi yang mulai aktif bermain biasanya memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dari pada bayi baru lahir. Secara umum bayi usia 7 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 14-16 jam per hari. Yang mana 11 jam bayi habiskan tidur pada malam hari, sisanya untuk tidur siang.

Ibu pintar harus selalu membiasakan bayi untuk tidur siang, karena sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi 7 bulan. Adapun manfaat tidur siang bagi bayi ialah dapat menyimpan energi lebih banyak, konsentrasi dan fokus lebih baik, proses pertumbuhan berjalan selama tidur, dan terjadinya perkembangan otak.

Makanan Pokok Bayi

Seperti anjuran dokter, bahwa bayi harus mendapatkan ASI selama 6 bulan pertama secara ekslusif. Kemudian tetap melanjutkan ASI sebagai makanan pokok sampai usia bayi mencapai 2 tahun.

ASI memiliki manfaat dan sumber nutrisi yang sangat tinggi. Bayi membutuhkan nutrisi dalam ASI untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal. Selain itu nutrisi pada ASI lebih mudah bayi serap dari pada makanan yang berasal dari luar.

Adapun kebutuhan makanan pokok bayi ialah sekitar 24-30 ons per hari. Hindari pemberian makanan secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan bayi obesitas. Kondisi gangguan berat badan ini, dapat mengganggu kesehatan bayi. Salah satunya gangguan sistem metabolik dan pembengkokan tulang.

Program Mpasi Bayi 7 Bulan

Setelah bayi menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah mulai ibu pintar perkenalkan dengan makanan padat. Makanan yang ibu pintar saji harus secara perlahan-lahan, agar bayi dapat mengenal rasa setiap jenis makanan.

Kemudian hindari penggunaan penyedap rasa, garam, serta micin dalam mpasi. Hal ini tidak baik bagi kesehatan organ dalam bayi seperti ginjal atau hati. Pada bulan pertama mpasi dapat berupa bubur halus.

Pada bayi usia 7 bulan mpasi yang dapat ibu pintar buat ialah berupa campuran nutrisi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam satu porsi. Cara sangat mudah ibu harus tahu jenis makanan yang mengandung zat gizi tersebut.

Biasanya sumber karbohidrat bayi berasal dari bubur beras merah, alpukat halus, kentang rebus halus, serta bubur gandum. Selanjutnya sumber protein terdapat pada hati atau ampela, daging, ikan, telur, tahu, dan tempe. Sedangkan makanan yang tinggi vitamin berasal dari suyuran hijau dan buah-buahan.

Berikan bayi cemilan berupa buah-buahan setiap hari dapat mencegah bayi kekurangan vitamin, mineral dan dapat menunda rasa lapar. Jumlah vitamin yang bayi konsumsi sangat penting untuk proses tumbuh kembang dia.

Pemberian tablet vitamin ekstra pada bayi boleh ibu pintar lakukan. Jika bayi malas atau tidak suka konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Waktu Bayi 7 Bulan Bermain

Biasanya bayi senang bermain ketika menjelang tidur. Selama itu juga ibu pintar harus selalu mendampingi dan memberikan stimulus.

Pemberian stimulus dalam kondisi suasana hati bayi bahagia, dapat mempercepat bayi berhasil melakukannya. Gunakan mainan untuk bayi 7 bulan yang tidak mudah masuk ke dalam mulut. Karena perilaku ini merupakan salah satu insting bayi untuk selalu memasukan benda ke dalam mulut.

Kemudian, bagi ibu pintar juga tidak menggunakan gadget saat mendidik atau bermain. Pengaruh gadget sejak dini sangat berbahaya ketika bayi mulai bertambah usia. Kecanduan gadget bagi bayi dan anak sering terjadi, perilaku ini terjadi karena pola asuh yang salah dari orang tua.

Pertumbuhan Bayi 7 Bulan

Sepanjang tahun pertama bayi merupakan sebuah pondasi untuk menunjang pertumbuhan bayi pada kemudian hari. Pastikan pada tahun pertama bayi mendapatkan cukup nutrisi. Jika bayi mengalami gizi kurang, buruk, dan anemia, sangat bersiko bagi bayi mengalami perawakan pendek.

Penuhilah gizi si kecil ketika tahun pertama dengan melanjutkan ASI sampai 2 tahun. Pola diet dalam mpasi yang seimbang, juga sangat berperan penting dalam tumbuh kembang bayi. Jadi, kedua sumber nutrisi ini tidak dapat terpisahkan.

Ibu pintar dapat memantau pertumbuhan bayi setiap bulannya. Pantau tersebut meliputi dari panjang tubuh, berat badan, lingkar kepala, serta lingkar legan. Pengukuran ini harus sesuai dengan standar baku pertumbuhan bayi yaitu menggunakan kurva pertumbuhan WHO.

Adapun pola normal yang dapat ibu pintar lihat dari kurva pertumbuhan bayi 7 bulan ialah selalu meningkat. Selanjutnya garis yang melewati kurva selalu berada pada batas normal atau tidak jauh dari garis hijau.

Segera konsultasi dengan dokter anak bila ibu mengalami bayi kelebihan maupun kekurangan berat badan. Jangan terlalu senang dengan dua kondisi ini, karena bayi beresiko mengalami gangguan kesehatan permanen sampai si kecil dewasa.

Aspek Perkembangan Bayi 7 Bulan

Terdapat 4 aspek perkembangan bayi 7 bulan yang dapat ibu pintar pantau. Keempat aspek ini memiliki porsi masing-masing bagi bayi untuk berkembang. Adapun aspek tersebut ialah motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan personal sosial.

Perkembangan Motorik Kasar

Pada aspek perkembangan motorik kasar, bayi melukukan proses berkembang terhadap anggota badan yang besar. seperti pada bayi berusia 7 bulan yang sudah dapat duduk tanpa perlu bantuan.

Perkembangan ini berasal dari kemampuan bayi dalam melatih otot-otot rangkanya. Yang berawal dari penguasaan otot kerangka besar, dan berlanjut sampai otot-otot kerangka kecil.

Ibu pintar harus selalu memperhatikan kemampuan bayi selama proses berkembang motorik kasar. Hal ini berguna supaya bayi dapat mengendalikan tubuhnya lebih baik.

Perkembangan Motorik Halus

Bayi 7 bulan telah berhasil melewati kemampuan meraih suatu barang yang si kecil pelajari ketika berusia bayi 5 bulan. Adapun kemampuan ketika bayi memasuki usia 7 bulan ialah telah dapat memindah suatu barang antara kedua tanganya.

Perhatikan bila bayi yang belum dapat melakukannya, sudah wajib bagi ibu pintar membantu si kecil. caranya ialah dengan memberi stimulus ketika saat bermain. Biasanya bayi tidak dapat melakukan kemampuan tersebut karena si kecil belum pernah mempelajarinya.

Sudah menjadi tugas ibu pintar mendampingi dan mengajari si kecil. Namun peran bapak untuk si kecil juga sangat berpengaruh untuk menunjang tumbuh kembang bayi menjadi optimal.

Perkembangan Bahasa

Ketika si kecil berkata pertama kali ialah kata yang sering dia dengar. Tidak jarang bayi berhasil mengucapkan kata pa-pa atau ma-ma sebagai kata pertama mereka.

Hal ini terjadi karena bayi telah merekam dan mengingat cara pengucapan dan bentuk suara tersebut. Tetapi si kecil perlu waktu untuk memahami arti dari kata yang bayi ucap.

Selain itu bayi 7 bulan juga sudah dapat melakukan menoleh ke arah sumber suara dan meniru bunyi suara. Jangan pernah melarang bayi berkata atau mengeluarkan bunyi yang terdengar aneh bagi orang dewasa.

Langkah seperti itu penting bagi bayi, karena sebagai bentuk latihan dan stimulus. Melarang bayi dengan cara kasar, dapat mengakibatkan si kecil trauma dan mogok untuk belajar bicara.

Perkembangan Personal Sosial

Selama masa penyapihan dengan mpasi, bayi sudah dapat ibu pintar ajari cara makan. Pada bayi umur 7 bulan seharusnya sudah dapat makan sendiri. Namun, tidak serapi yang pernah ibu bayangkan.

Tidak jarang bayi 7 bulan malah bermain dengan makanan yang ibu sajikan. Untuk mencegah tersebut, bicaralah pada bayi secara halus bahwa makanan tidak boleh untuk bermain. Secara bertahap bayi dapat mengerti dan memahami perkataan ibu tersebut.

Perhatikan bayi yang sedang makan, untuk mencegah bayi tersedak. Mulailah dengan makanan yang halus atau cincang. Jangan pernah memberi makanan yang lebih besar dari ukuran mulut atau kerongkongan si kecil.

Selain itu sejak bayi memasuki usia 7 bulan ibu jangan pernah memberi makan dengan cara menyulang. Perilaku tersebut membuat bayi telat untuk belajar makan sendiri.

Jadi begitulah tentang perkembangan bayi 7 bulan yang wajib ibu pintar ketahui. Selalu memberi support dan stimulus yang cukup. Agar kemampuan bayi semakin meningkat, bersamaan dengan peningkatan usianya. Hindari pola asuh yang salah pada si kecil, agar terhindar dari hambatan proses berkembang bayi.

Tinggalkan Balasan