Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Samagz.com, perkembangan bayi 3 bulan untuk mencapai optimal tidak lepas dari usaha ibu dan pengasuh. Karena pada awal-awal kehidupan bayi sangat membutuhkan ibu untuk mencukupi segala sesuatu kebutuhannya. Secara berkala ibu dan anak akan tumbuh bonding atau ikatan emosi antara keduanya.

Terdapat perbedaan antara bayi yang orang tua asuh secara langsung dengan pengasuh atau keluarga lain. Yang mana dalam asuhan ibu bayi merasa nyaman dan damai serta belajar tentang personal dan sosial dapat menjadi lebih cepat. Hal ini berpengaruh pada tingkat bonding yang telah melekat.

Pertumbuhan bayi usia 3 bulan dengan berat badan lahir normal dan cukup bulan seyogyanya telah meningkat dari pada hari pertama lahir. Sebaiknya ibu tetap mempertahankan ASI ekslusif sampai bayi mencapai usia 6 bulan. Gizi yang terkandung dalam ASI cukup untuk berat badan bayi usia 6 bulan kebawah.

Tumbuh kembang bayi sangat cepat, jadi para ibu pintar jangan pernah kelewatan momen berharga bersama si kecil. jangan lupa perhatikan juga perkembangan ideal bagi buah hati ibu. Selalu waspada terhadap perkembangan yang terhambat.

Untuk mengatahui bayi mengalami stuck dalam proses perkembangan, ibu pintar harus tahu tanda dan ciri-cirinya. Salah satu cara ialah skrining menggunakan chart Denver II, sangat mudah menggunakan chart ini terasuk orang awam. Berapa hal yang perlu ibu perhatikan ialah sebagai berikut .

Bayi Tersenyum Spontan

Ibu yang mana tidak merasa senang bila bayi kecilnya sudah dapat tersenyum dan menunjakan ekspresi bahagia. Pada usia 3 bulan bayi sudah mampu senyum baik secara spontan maupun membalas senyum dari olang lain. Dalam chart Denver II tersenyum merupakan tes yang termasuk dalam personal-sosial.

Senyum merupakan bentuk skpresi bayi sesuai dengan suasana hati dia saat itu. Karena bayi belum dapat berbicara maka dengan cara menunjukan mimik tersenyum sebagai bentuk komunikasi bahagia. Ibu harus selalu merespon setiap jenis emosi yang bayi keluarkan, hal ini berguna karena bayi merasakan bahwa dia mendapatkan perhatian.

Bayi Tertawa dengan Bahagia

Tertawa merupakan salah satu bentuk bahasa yang bayi miliki. selain berkata ataupu mengeluarkan suara, cara tertawa juga mengindikasikan bahwa bayi dalam suasana bahagia. Tertawa termasuk dalam nilai emosi yang dapat bayi ekspresikan. Penting bagi ibu selalu menstimulasi bayi dengan cara mengajak bercanda.

Bayi dapat tertawa bila ibu berbicara denganya walapun bayi belum dapat mengerti apa yang ibu katakan. Namun bentuk ekspresi yang bayi keluarkan ialah tertawa bila bayi masih berusia 3 bulan. Sebelum dapat tertawa, pastikan bayi dapat bersuara oooaah dan bereaksi terhadap lonceng. Karena hal ini merupakan tes yang tercantum dalam Denver II bagian bahasa.

Kepala Terangkat 45 derajat

Otot dan persarafan yang mengakomodasikan bagian kepala semakin berkembang. Hal ini terlihat pada motorik kasar seorang bayi. pengontrolan ini pertama kali yang dapat bayi lakukan, hal ini bersamaan dengan perjalanan prosee mielenasi (perselubungan sel saraf oleh lemak) yang bermula dari susunan saraf pusat sampai menuju saraf perifer.

Pergerakan yang dapat bayi lakukan dan pelajari ialah mulai dari kepala, bahu, badan dan terakhir pinggul. Selain mengangkat kepala bayi dengan usia 3 bulan juga dapat melakukan duduk kepala tegak atau dalam tahap belajar.

Perkembangan Motorik Halus Pada Bayi 3 Bulan

Mencari tahu sejauh mana bayi 3 bulan mengalami perkembangan dalam motorik halus dapat dilakukan dengan menggerakkan benang secara perlahan pada wajah bayi, seperti busur bolak balik dari satu sisi ke sisi lain dengan ukuran sekitar 8 inchi atau 20 sentimeter. Seharusnya bayi sudah mampu mengikiyti benang melewati garis tengah.

Beberapa hal yang perlu Bayi Pelajari pada Usia 3 bulan ialah :

  • Mengamati tangannya sendiri
  • Memegang kericikan
  • Belajar berteriak dengan nada tinggi
  • Duduk kepala tegak
  • Berdiri menumpu beban pada kaki
  • Dada terangkat bertumpu pada lengan
  • Membalikkan badan
  • Bangkit duduk kepala tegak

Perkembangan bayi 3 bulan berbeda-beda tidak sama dengan yang lainya. Ada sebagian bayi lebih cepat dalam motorik halus atau kasar ada juga terlebih dahulu bahasa. Jangan pernah membandingkan bayi ibu dengan bayi yang lainya. Ibu yang pintar harus tahu kapan bayi mengalami perkembangan terhambat dengan bayi yang telat. Jangan ragu segera konsultasi kepada dokter spesialis anak bila bayi ibu terganggu perkembangannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan