Ibu Hamil Minum Yakult: Apa Manfaatnya untuk Kehamilan

Ibu Hamil Minum Yakult

Yakult memiliki kandungan bakteri baik bagi tubuh, serta anyak bumil melontarkan pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil minum yakult atau probiotik ? jangan praduga terhadap informasi yang tidak benar dan menyesatkan. Sebaiknya temui jawaban tersebut dalam ulasan berikut.

Fakta Menarik Tentang Yakult

Mengutip dari laman yakult Indoensia yang mana susu memiliki kandungan bakteri Lactobacillus Casei. L. casei merupakan salah satu jenis bakteri baik yang hidup dalam tubuh manusia tepatnya pada usus. Fungsi utama bakteri jenis ini ialah merangsang pertumbuhan bakteri baik lain. Bakteri jenis ini juga merangsang produksi asam laktat, yang mana berguna melapisi dinding usus. Sehingga aman dari infeksi bakteri jahat.

Susu yakult terbuat dari hasil proses fermentasi. Penggunaan bahan dalam pembuatan susu yakult ialah air, sukrosa, dekstrosa, susu bubuk, penambah rasa, dan hasil kultur bakteri Lactobacillus casei. For your information, Dr Minoru Shirota merupakan seorang ilmuwan yang menemukan bakteri baik ini. Adapun dalam sebotol susu yakult mengandung sekitar 6,5 miliar bakteri L casei.

Keamanan Ibu Hamil Minum Yakult atau Probiotik

Yakult merupakan jenis probiotik dalam bentuk minuman. Probiotik ini seperti mikro-organisme yang memiliki efek baik bagi tubuh manusia, apabila penggunaan dalam jumlah sewajarnya. Dalam beberapa kasus diare akut akibat infeksi bakteri Clostrodium difficle, pengobatan menggunakan probiotik dapat menjadi solusinya.

Konsumsi yakult atau probiotik melalui oral tidak mengganggu kehamilan dan ibu menyusui. Sangat jarang terjadi infeksi sistemik akibat bakteremia oleh jenis organisme bakteri ini. Namun resiko infeksi meningkat apabila memiliki riwayat penyakit gangguan imun seperti infkesi HIV, penderita diabetes, SLE, serta penyakit kritis. Sehingga dalam kelompok ini, sebaiknya tidak mengonsumsi yakult atau probiotik secara berlebihan.

Kejadian bakteremia sangat rendah terjadi pada pengguna probiotik. Oleh karena itu, probiotik sendiri tidak akan dapat melewati sirkulasi janin dan bayi. Akses plasenta ini sangatlah rapat dan selektif. Sehingga bakteri, virus, dan patogen jahat lain sulit menembus plasenta. Dengan begitu sangat jarang terjadi kasus infeksi dari ibu ke janin.

Terdapat jurnal NCBI yang membahas tentang pemberian probiotik pada ibu hamil dan menyusui. Dalam penelitian tersebut memberikan probiotik pada ibu hamil dengan usia kandungan 32 serta 36 minggu, sampai berlanjut ketika menyusui. Adapun tidak ada temuan terjadinya keguguran dan kecacatan janin. Sehingga tidak ada perbedaan signifikan dalam berat badan lahir, usia kehamilan, resiko operasi sesar.

Penggunaan probiotik selama kehamilan dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan berat badan lahir dan panjang lahir. hal ini beguna agar ibu tidak mengalami kesusahan saat proses persalinan. Selain itu ibu juga dapat mengurangi resiko melahirkan secara operasi sesar.

Manfaat Ibu Hamil Minum Yakult

Banyak para peneliti menyatakan dalam jurnalnya bahwa probiotik memiliki manfaat bagi ibu hamil. Salah satu manfaat probiotik ialah dapat menurunkan resiko pre-eklamsia. Namun pemberian dalam jumlah sewajarnya dan konsumsi rutin sejak awal kehamilan.

Selain itu probiotik juga dapat menurunkan resiko terjadinya persalinan prematur dan postterm. Kehamilan prematur sendiri menggambarkan bayi lahir sebelum usia kandungan 37 minggu. Sedangkan kehamilan postterm ialah kehamilan yang berlangsung 42 minggu atau lebih.

Kedua kehamilan tersebut dapat mengakibat gangguan kesehatan bagi ibu dan janin. Tidak jarang kehamilan tersebut dapat membuat kamatian janin dalam kandungan, atau tidak mampu bertahan setelah lahir. Pada bayi prematur biasanya memiliki berat badan lahir rendah BBLR, namun bayi postterm juga dapat terjadi BBLR.

Pemberian obat-obatan bagi ibu hamil sangat perlu kehati-hatian. Perlu perhitungan antara manfaat dan resiko efek samping yang terjadi pada janin. Oleh karena itu probiotik dapat menjadi antibiotik alternatif dalam pengobatan vaginosis bakteri pada ibu hamil.

Seorang peneliti yang bernama andy he telah menerbitkan sebuah jurnal tentang manafaat probiotik dari yogurt untuk ibu hamil. Dari penelitian dia menemukan hasil bahwa probiotik yang terkandung dalam yogurt bermanfaat meningkatkan metabolisme, mencegah peradangan, pencegahan infeksi, kehamilan yang optimal, dan mengurangi khamilan prematur.

Mengatasi Diare dan Sembelit pada Ibu Hamil

Probiotik dalam bentuk yakult, berfungsi memperlancar sistem pencernaan ibu hamil. Selama proses pencernaan berjalan lancar mengindikasikan bahwa bumil memiliki penyerapan nutrisi yang baik. Tidak jarang penggunaan yakult dalam mengatasi diare dan sembelit menjadi sangat terkenal bagi masyarakat.

Kandungan bakteri yang terkandung dapat melapisi dinding usus sehingga aman dari kuman atau bakteri jahat. Dengan begitu usus dapat menyerap air dengan baik, efek baiknya pada ibu ialah terhindar dari dehidrasi. Selain itu bakteri baik tersebut akan merangsang pertumbuhan bakteri baik lainya yang berguna dalam kasus sembelit.

Konsumsi yakult dan produk probiotik lain sangat sedikit mangalami terjadinya efek buruk pada kehamilan. Namun dalam beberapa kasus berdasarkan laporan, ialah penggunaan probiotik secara berlebihan.

Jadi terdapat banyak manfaat bagi ibu hamil minum yakult atau produk probiotik lain. Selain bermanfaat pada kehamilan, yakult juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaan bumil. Tetapi konsumsi yakult atau probiotik lain secara berlebihan dapat mengganggu kehamilan dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan